Ada Pahatan Kaligrafi Mataram Islam di Sambongrejo

Bojonegoro Post – Tempat wisata Watu Gandul di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang Bojonegoro, masih banyak menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Salah satu misteri tersebut adalah keberadaan kaligrafi berbahasa Arab yang keberadaannya masih misterius.

Sebagian orang tua di desa setempat ada yang pernah melihat secara langsung kaligrafi tersebut di salah satu batu area wisata Watu Gandul. Tapi mereka lupa-lupa ingat dimana persisnya keberadaan kaligrafi tersebut. Sementara sebagian orang tua hanya mendapatkan cerita turun temurun dari orang jaman dahulu bahwa ada kaligrafi di tempat wisata Watu Gandul.

Kaligrafi berbahasa Arab tersebut terpahat di salah satu batu area wisata Watu Gandul. Tapi keberadaan kaligrafi tersebut kini menjadi misteri dan belum terpecahkan siapa sosok yang membuat pahatan kaligrafi.

“Kemungkinan besar kaligrafi tersebut sudah tertutup lumut atau termakan usia, saya sudah dua bulan terakhir ini mencari tapi belum ketemu,” ujar Kepala Dusun Kaliasin Desa Sambongrejo, Priyo Winarno.

Dugaan lain, kaligrafi tersebut dibuat pada masa Kerajaan Mataram Islam oleh tokoh penyebar agama yang tiba di desa Sambongrejo. Warga beralasan bahwa jaman itu hanya sedikit saja yang bisa baca tulis Arab maka hanya yang ahli saja yang bisa membuat tulisan Bahasa Arab.

Kepala Desa Sambongrejo, Eko Prasetiyono merencanakan akan mengungkap keberadaan kaligrafi di tempat Watu Gandul. Pemburuan kaligrafi tersebut sudah dilakukan beberapa warga setempat. Tapi belum ketemu. Perburuan akan tetap dilakukan sampai keberadaan kaligrafi di salah satu batu area Watu Gandul ketemu.

“Kemungkinan jika belum ketemu juga, pihak desa akan membuat sayembara perburuan kaligrafi di Watu Gandul. Jika sudah ketemu maka secara perlahan sejarah Watu Gandul akan terungkap,” ujar Kepala Desa Sambongrejo, Eko Prasetiyono. (didik wahyudi/red)

815total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro