Press "Enter" to skip to content

Pasok Kambing Hingga Jabodebatek

Bojonegoro Post – Dimulai 2011 lalu, kini peternakan kambing milik Aringga Bayu Puspita warga Desa Sidomukti Kecamatan Kepohbaru itu telah menunjukkan hasilnya. Awal kesuksesannya dimulai dari tawaran temannya untuk menjadi pemasok kambing bakalan di sebuah rumah zakat yang ada di Probolinggo.

Saat itu dirinya bermodalkan Rp 10 juta, dengan sistem pembagian hasil sebesar Rp 300 dari hasil per kilogramnya. Awalnya ia mengaku sempat mengalami kerugian. “Walau sempat rugi diawal kirim, yakni domba 21 ekor rugi Rp 750 ribu, tapi saya tak patah arang,” katanya, Selasa (17/01/2017).

Bahkan hingga kiriman ke 2 dan ke 3 dirinya juga masih mengalami kerugian dan barulah pada pengiriman ke 4, Aringga mulai meraup untung. “Awal-awal memang harus bersabar  karena modal harus diputar buat kulakan kambing untuk dikirim,” tambahnya.

Setelah 9 bulan berkecimpung dalam dunia perkambingan, relasinyapun semakin banyak. “Hingga akhirnya dapat tawaran jadi supplier kambing bantuan di Blitar sebanyak 3500 ekor. Tapi waktu itu mengalani kerugian,” katanya.

Banyak halangan untuk menuju sukses termasuk kegagalan yang mengakibatkat kerugian. “Karena penyakit pebisnis pemula adalah banyak gaya,” ujarnya.

Semua modal pinjaman habis dan masih menyisakan hutang Rp 70 juta, sampai-sampai supplai ke Probolinggo pun terhenti. “Hanya bermodalkan semangat dan belajar dari pengalaman baik dibidang peternakan maupun jual belinya, Alhamdulilah kini bisa jadi pemasok rutin ke Jabodetabek,” katanya.

“Kini saya juga diamanahi sebagai ketua Himpinan Peternak Domba Kambing Indonesia Bojonegoro, semoga bisa menjadi pribadi yang bermanfaat,” katanya.

Pesannya, dalam berbisnis sebaiknya tidak bergonta-ganti bisnis. “Karena sama saja kita memulai dari awal lagi, salam embek,” pungkasnya. (susilowati/rap).

774total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi