Press "Enter" to skip to content

Bantuan Pendidikan, Anak PNS Bukan Penerima

Bojonegoro Post – Kabar kurang menggembirakan datang dari dunia pendidikan di tahun 2017 ini, yakni mengenai program dana bantuan siswa SMA sederajat di Bojonegoro yang diambilkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Bojonegoro itu jumlah dan sasaran penyalurannya berubah. Sebelumnya pada tahun 2016 berjumlah Rp 2 juta per siswa, kini dikurangi hingga 40 persennya, tinggal sekitar Rp 1,3 juta per siswa per tahunnya.

“Untuk besarannya bervariasi,” kata Hanafi, Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro, Kamis (26/01/207). Menurutnya, sasaran bantuannya mengalami perubahan yang cukup signifikan. Yakni bila di 2016 lalu diperuntukkan seluruh siswa di Bojonegoro, pada tahun ini hanya bagi siswa berkriteria keluarga miskin.

“Benar dan hampir dipastikan untuk anak PNS dari golongan III tidak dapat bantuan,” tambahnya.

Dirinya tak membantah bahwa hal itu berkaitan dengan adanya temuan di Bojonegoro yang menyebutkan pemberian bantuan di tahun lalu menyalahi aturan atas pagu yang berlaku. Pagu itu mengenai standar kebutuhan siswa per tahun yang ditetapkan sebesar Rp 2,7 juta.

Dari total pagu tersebut, diambilkan dari dana BOS senilai Rp 1,4 juta, sehingga di 2016 lalu terdapat kelebihan pagu sebesar Rp 700 ribu per siswa per tahunnya.

Sementara sejumlah sekolah mengaku belum mendengar adanya perubahan tersebut, hal itu membuat pihak sekolah belum berani mensosialisasikan ke orang tua wali murid.

Di 2016 lalu, total penerima bantuan sebanyak 49445 siswa dengan total anggaran dari DAK sebesar Rp 98,68 miliar. (rayan rabani/ryo)

1670total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi