Blok Cepu, Giatkan Daun Mimba Berantas Nyamuk DBD

Bojonegoro Post – Penggunaan bubuk abate untuk membunuh larva nyamuk demam berdarah, merupakan cara yang paling umum digunakan masyarakat untuk mengendalikan pertumbuhan larva nyamuk tersebut.

Namun, kali ini Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di Kecamatan Gayam atau dikenal sebagai kawasan Blok Cepu, mendapatkan wawasan baru pembuatan pembasmi jentik nyamuk yang bahan utamanya berasal dari ekstraksi daun mimba.

Kegiatan yang difasilitasi Yayasan Paratazkia mitra ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) itu diikuti kader Jumantik dari Desa Gayam, Brabowan, Mojodelik, dan Bonorejo Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (18/02/2017) di Balai Desa Brabowan.

Sebelum mengikuti pelatihan sebagian peserta menyiapkan daun Mimba terlebih dahulu, karena daun mimba mudah di temui di lingkungan sekitar kita.”Siang ini kita ajari dan praktek bersama membuat larvasida alami dari daun Mimba,” Kata Sekretaris Paratazkia Lusi Diah.

Menurut Lusi, masyarakat akan mendapat banyak manfaat dari pembuatan pembasmi jentik alami ini. Selain ramah lingkungan, cara pembuatan biolarvasida juga sangat mudah. Bahkan bisa dilakukan masing-masing warga di rumah.

Lusi menerangkan, pembuatan biolarvasida ini bisa menggunakan bahan daun mimba melalui proses ekstraksi. Kegiatan ini dilakukan setelah sebelumnya melakukan studi banding ke Wonogiri dan Salatiga.

“Tanggal 18 Januari lalu paratazkia dengan kader kesehatan Kecamatan Gayam sudah studi banding dan sekolah lapang pembuatan biolarvasida ke Wonogiri dan Salatiga,” tegas dia.

Salah satu peserta Kamyatun (50) kader Jumantik dari Desa Mojodelik mengaku sangat senang karena dari pelatihan ini banyak mendapat pengetahuan.”Karena selain untuk jentik nyamuk, juga bisa gunakan untuk penyakit gatal-gatal dan diabetes,” imbuhnya.

Sementara itu, Perwakilan EMCL, Beta Wicaksono dalam sambutannya menjelaskan bahwa dukungan terhadap program ini merupakan komitmen EMCL dalam bidang kesehatan, termasuk penanganan penyakit demam berdarah yang harus dilakukan dengan berbagai cara dan upaya.

“Kami mendukung pemerintah dalam upaya peningkatan taraf kesehatan masyarakat Bojonegoro, terutama yang berada di wilayah operasi kami,” tandasnya. (achmad jamal/ryo)

692total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi