Pencipta Lagu Dari Gayam

Oleh : Ariyo Jhohar Hisanto

Sebagai pemuda, yang memiliki kemampuan seni dalam bermusik, Heri Hermansyah (25) bisa dibilang cukup berhasil mengobarkan gairah anak muda di lingkungan sekitarnya melalui lagu ciptaannya berjudul Semangat Kita. Dia banyak menemukan hal baru dan istimewa, karena lagu ciptaanya menjadi single Forum Pengurus Karang Taruna (FPKG) di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro.

Mimpinya lagu yang diciptakan diterima masyarakat dan bisa masuk dapur rekaman.Pagi itu ditemui di rumahnya di desa Bonorejo Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, pemuda lajang lulusan STAI AM Cepu menyapa saya dengan hangat dengan mempersilahkan saya duduk sambil menikmati secangkir kopi panas dan memulai obrolan tentang beberapa lagu yang belum lama ini telah dia buat. Dia mengaku ada 7 lagu ciptaanya 3 diantaranya sudah coba dia rekam. Dari beberapa lagu tersebut judul lagu Semangat Kita, dia persembahkan untuk pemuda Karang Taruna di lingkungannya.

Dia mengatakan ke saya, lagunya yang berjudul Semangat Kita, sering digunakan oleh Karang Taruna ketika ada pertemuan atau pelatihan mas, misalnya pada saat kedatangan Ketua Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto sekaligus anggota DPR RI beberapa waktu lalu.

Lirik lagu Semangat Kita, dia ciptakan terinspirasi dari keinginannya menggugah semangat anak muda Karang Taruna supaya lebih berkarya karena potensi anak muda sangatlah besar. Anak muda harus diberi ruang gerak dalam hal mengembangkan potensinya itu.

Arti lagu semangat kita, bermaksud membangkitkan semangat kawan pemuda untuk lebih berkarya, karena Karang Taruna saat ini potensinya untuk mengembangkan diri dan organisasi sangat besar. Sebelumnya tidak saling mengenal padahal tetangga desa di satu kecamatan.

Selain di forum organisasi lagu ciptaan pria yang kesehariannya bekerja di bagian tata usaha kantor desa itu selalu tampil membawakan lagunya dalam ajang perayaan agustusan dan ajang lomba antar daerah di Blora Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Meski belum mendapat juara, dia bangga lagu ciptaanya itu bisa menghibur masyarakat.

Dalam bermusik dia pernah mendapat Juara 1 Festival Band Sedekah Bumi di Blora dan Juara 3 Parade Band STTE Cepu tahun 2013, selain itu lagu ciptaannya dengan seizinnya pernah dipakai lomba band anak SMK dan memperoleh juara harapan.

Selama ini, dalam memperkenalkan lagu karyanya sendiri, pemuda yang berkeinginan untuk segera menikah tersebut memanfaatkan radio komunitas di desa Katur dan Sudu. Selain pentas lagunya juga di putar di radio komunitas milik Karang Taruna.

Menyusun lirik dan menjadikan sebuah lagu memang membutuhkan waktu. Bagi pemuda jebolan ajang pencarian bakat audisi fantasi 2013 itu membutuhkan waktu selama 3 hari dari menulis lirik dan membuat chord lagu dari lirik tersebut. Hobinya itu dia mulai sekitar awal tahun 2013 sampai sekarang. Di tengah sunyinya malam dengan ditemai gitar miliknya disirulah inspirasi menulis lagu dia dapatkan.

Disampaikannya, kurang lebih 3 hari, biasanya tengah malam sambil gitaran dan lanjut menulis lirik lagu. Dia juga punggawa band Afka Bojonegoro.

Beberapa lagu yang telah diciptakan oleh pelatih dan vokal group hadrah di desanya itu selain Semangat Kita, adalah berjudul Tak Semestinya Cinta, Kau Buka Hati, Lelah, Tak perlu sempurna dan Cinta untukmu. Lagunya bergenre pop alternative. Kalau lagu dengan tema cinta itu inspirasi dari pengalaman hidup dan curahan hati dari kekasih, curhat dia.

Pemuda yang menjadi anggota Karang Taruna Sanggar Cakrawala Bonorejo berharap bisa terus berkarya di tengah kesibukannya menjadi pelayan masyarakat. Selain itu, anak muda bisa mencontoh apa yang dia lakukan selama ini tentunya dengan caranya sendiri. Anak muda mempunyai jangkauan yang sangat jauh untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

Berikut, awalan lirik lagu Semangat Kita, yang menjadi single Forum Pengurus Karang Taruna Kecamatan Gayam.
Pijakkan kakimu, Elokkan sejuta impian, Melangkah dengan penuh semangat.

Penulis adalah
Aktifitis NGO

Redaktur bojonegoropost.com

748total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi