Press "Enter" to skip to content

Pelajar SMAN 1 Kalitidu Diajari Pelestarian Hutan

Bojonegoro Post – Suasana di Aula SMAN 1 Kalitidu, Sabtu (25/02/2017) berubah dengan gelak tawa para siswa saat menigikuti sosialisasi hutan lestari untuk pelestarian dan mencegah kerusakan lingkungan hidup. Acara digelar Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Parengan bersama komite sekolah setempat.

Sekitar 500 anak itu duduk santai tapi khidmad mendengarkan pemaparan tentang definisi hutan dan fungsi hutan dari Adiminatur Perhutani KPH Parengan Daniel B Cahyono. Para guru pengajar di sana mengikuti, mereka sesekali tertawa senyum mendengarkan pemaparan tersebut.

Daniel melemparkan pertanyaan kepada siswa tentang definisi hutan dan fungsinya. Di antara siswa pun menjawab dengan makna singkat seperti hutan adalah kumpulan pepohonan yang banyak dan rimbun.

Lalu Daniel pun menjelaskan tentang definisi hutan yakni, luasan lahan tertentu yang ditumbuhi tanaman atau pepohonan dan berfungai mencegah bencana alam, menyimpan air dan beberapa manfaat lainnya.

Daniel mencontohkan kalau tidak ada hutan, air yang jatuh akan merusak struktur tanah dan mengalir di permukaan tanah. Sehingga tanah terkikis dan terjadilah erosi.”Menyelamatkan hutan sama halnya menyelamatkan Indonesia. Maka jadilah generasi yang berkualitas, intelektual mental dan bertaqwa spiritual. Maka jadilah patriot yang akan menjadi teladan kalau berani berbuat,” tegasnya.

Muhamnad Nurul Huda, salah satu pelajar kelas 10 IPA 2, mengaku sangat senang dengan adanya sosialisasi yang dilaksanakan Perhutani KPH Parengan di sekolahnya. “Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk menjaga kelstarian hutan dan lingkungan dari kerusakan. Apalagi sekolah sini juga ikut Adiwiyata. Semoga ke depan kami bisa mengikuti jejak dari pak Danel urtuk melestarikan hutan dan lingkungan serta menjaganya,” paparnya.

Musyarofah, Kepala Sekolah SMAN 1 Kalitidu menyampaikan terima kasih kepada pihak Perhutani KPH Parengan yang telah memberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang hutan lestari untuk pelestarian dan mencegah kerusakan lingkungan hidup.

“Kegiatan ini juga penting bagi pihak sekolah karena tahun ini SMAN 1 Kalitidu menuju Adiwiyata kedua tingkat Propinsi,” jelasnya.

Musyarofah menambahkan, dengan sosialisasi ini siswa akan mengetahui bagaimana cara melestarikan hutan. Miinimal lingkungan di sekolahnya. Kami sangat merespon kegiatan ini dan semoga bermanfaat bagi semuanya. (muhammad nastain/red)

708total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi