Setahun Jebolnya Dam Rondo Mori

Bojonegoro Post – Berada di batas selatan Bojonegoro, sebuah aliran sungai dengan batu-batu besar mengalir. Salah satu titik alirannya, oleh warga setempat disebut dengan nama Cojoban Rondo Mori, dengan air terjun dan eksotikanya saat debit airnya normal. Namun kondisi itu dapat berubah drastis saat hujan deras dan memang aliran sungai di tempat itu termasuk kawasan rawan bencana.

Bahkan, ada ritual khusus terkait legenda Rondo Mori di tempat itu, yang sangat dipercaya merupakan ritual tolak balak saat air sungai meluap. Sungai tersebut adalah hulu dari aliran Kali Pacal, letaknya turut Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang.

Pada akhir 2015 lalu, diresmikanlah sebuah dam dan warga menyebutnya dengan Dam Rondo Mori. Bangunan di kawasan bencana itu, merupakan program Pemkab yang dibangun menggunakan biaya APBD sebesar Rp 1,3 miliar (M).

Suatu hari, sekelompok pemuda datang dengan maksud menikmati keberadaan bangunan baru itu. Kala itu masih Februari 2016 atau dua bulan setelah Dam Rondo Mori diresmikan. Lengkap dengan ban dalam, mereka berenang-renang di bagian atas yang penuh dengan air.

“Itu cerita saat Dam Rondo Mori masih ada,” kenang Eko Prasetiyono, Kepala Desa Sambongrejo, Minggu (09/04/2017).

Seperti sebelum-sebelumnya, saat air berlebih maka aliran sungai menjadi ganas. Tak hanya arus yang deras, campuran material bawaan dari bagian atas adalah hal biasa bagi sungai itu. “Saat bulan ketiga, yakni Maret, bangunan itu jebol,” tambahnya.

Kini, Dam Rondo Mori bagai hilang ditelan bumi dan hanya menyisakan puing-puing.”Bisa dikatakan tak bersisa lagi, semua lenyap pada bulan Maret tahun lalu,” ujar Eko.

Kehidupan warga setempat pun kembali seperti sebelumnya. Aliran air sungai yang dihiasi bebatuan besar masih menjadi bagian mereka. Sesekali, mereka harus bersama luapan air keruh karena material bawaan itu, namun bagi mereka pasokan air dari sungai itu lebih banyak menghidupi mereka. (rayan rabani/red)

443total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro