Press "Enter" to skip to content

Petilasan Angling Darmo Butuh Penerangan

Bojonegoro Post – Meski obyek wisata sejarah dan religi Petilasan Angling Darmo yang terletak di Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu sudah banyak pengunjung yang datang. Namun di sana belum tersedia fasilitas penerangan lampu, parkir dan MCK.

Kondisi itu kerap menjadi keluhan bagi pengunjung dari luar kota. Padahal jika sarana penerangan listrik dan sanitasi air tentunya lebih memberikan daya tarik bagi pengunjungnya.

Seperti Gimin, pengunjung asal Kabupaten Lamongan yang mengeluhkan fasilitas MCK di lokasi obyek wisata Petilasan Anglingdarmo, Kamis (15/04/2017).

“Sayangnya di lokasi tidak tersedia air untuk kebutuhan cuci kaki dan tangan. Apalagi kalau malam lokasi petilasan gelap gulita tanpa penerangan listrik. Sehingga jika malam lokasi tampak angker,” ungkapnya.

Menuju lokasi Petilasan Angling Darmo yang memiliki nilai sejarah tersendiri melalui jalan desa yang bersebelahan dengan kantor Desa Wotanngare.

Sejauh 1 km pengunjung akan sampai di lokasi Petilasan Angling Darmo yang terletak di tengah persawahan. Jalan desa berupa makadam itu dibangun pihak desa merupakan jalan baru menuju lokasi.

Dari kejauhan terlihat bangunan seperti keraton kecil di tengah persawahan. Usai dari jalan makadam selebar 4 meter itu pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat terpaksa harus berhenti. Sebab harus melalui pematang sawah sejauh 30 meter.

“Sebagai akses pengunjung dari pihak desa sudah membangun jalan baru berupa makadam sepanjang satu kilo. Upaya selanjutnya memberikan sarana penerangan listrik dan MCK sebagai fasilitas dan daya tarik wisatawan,” jelas Mukti Ali, Kades Wotanngare.

Rencananya lanjut Kades akan disediakan tempat parkir di sekitar lokasi petilasan yang juga terdapat embung tersebut. Kemudian akan dibangun pula akses jalan yang bisa menembus atau mencapai waduk Wotanngare.

“Sehingga diharapkan dengan adanya fasilitas itu lebih menarik wisatawan dan mampu menciptakan peluang usaha bagi warga dengan berjualan makanan ataupun minuman di sekitar lokasi tersebut,” jelasnya.

Selain itu Kades juga menambahkan di Desa Wotanngare juga terdapat waduk yang bisa digunakan pengunjung untuk pemancingan. “Dengan waduk bisa menjadi obyek wisata satu paket dengan Petilasan Angling Darmo. Ya mudah-mudahan juga pihak terkait Kabupaten Bojonegoro memperhatikan dan membangun sarana dan prasarana yang belum tersedia di lokasi Petilasan Angilng Darmo tersebut,” tandasnya. (muhammad nastain/red).

3063total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi