Festival Oklik Demokrat

Bojonegoro Post – Setiap bulan suci Ramadhan pasti anda sering mendengar musik khas sahur satu ini. Benar, oklik atau tongklek, pada senin (19/06/2017) keseruannya tersaji di sepanjang Jalan Trunojoyo hingga Jalan Veteran Bojonegoro.

Menurut Didik Tri Setyo Purnomo, Ketua Muda Mudi Demokrat (MMD) Bojonegoro ini menjadi bagian dari masyarakat dalam melestarikan budaya. Sehingga rekan MMD menggelar Festival Oklik Bojonegoro 2017 di bulan suci Ramadhan ini.
Juga antusias masyarakat terlihat setelah peserta Festival mencapai 135 kelompok seni tongklek dari berbagai kecamatan se Bojonegoro. Bahkan ada kelompok peserta yang datang dari Tuban.

“Memang sebelumnya kami telah memberikan informasi jauh hari melalui media sosial. Begitupun pendaftarannya, gratis,” ujar Didik. Ratusan kelompok oklik memulai startnya sekitar Pukul 20.00 WIB, Minggu (18/06/2017) di depan kantor DPRD Jalan Trunojoyo. Sambil berjalan terus menerus alat musik sahur merka tabuh, para peserta kemudian berjalan menuju Jalan Teuku Umar, Jalan Pemuda dan berakhir di depan Kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Jalan Veteran, Bojonegoro. Karena memang jalan tersebut menjadi rute festival oklik.

Saking banyaknya peserta festival oklik, penyelenggara baru bisa mengumumkan pemenangnya setelah memasuki Senin (19/06/2017) Pukul 02.20 WIB dini hari. Berbagai pertimbangan dilakukan para juri yang terdiri Dewan Kesenian Bojonegoro, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta Kementrian Agama Kabupaten Bojonegoro.

“Berdasar penilaian kami punya 9 kategori yang ter (sangat:red). Kemudian Juara Harapan Satu, Dua, Tiga serta Juara Utama, Dua dan Tiga,” kata Hendro, satu di antara 3 dewan juri. Biasanya lanjut dia dalam lomba kalau yang buruk itu pasti tidak punya harapan untuk menang. Tapi tidak untuk festival ini, karena diantara 9 kategori ada kategori terburuk juga patut di perebutkan dengan hadiah senilai Rp 500 ribu.

“Juara terburuk jatuh kepada kelompok nomor 109 dari Paguyuban Balenrejo,” katanya saat mengumumkan.
Adapun pemenangnya termewah no 115 New Setyo Laras. Terheboh no 75 Proliman Hero.

Terbanyak perempuannya no 88 Arema. Terjauh no 113. Lagu terbaik no 13. Terburuk 109 Paguyuban Balenrejo Tertua Grup Warisan Budoyo. Kostum terbaik no 61 New Camp. Terlucu no 37. Juara Harapan Satu no 101 Tongklek Kejora PKK.

Harapan Dua no 121 Kampung Dolanan. Harapan Tiga no 36 Trisno Budoyi Sementara Juara Satu no 24 Satri Mudo. Juara Dua no 87 Wijoyo Mulyo. Juara Tiga no 1 Gema Rimba.

Kegiatan yang bakal menjadi agenda tahunan MMD itu sebelumnya Hj. Mitroatin mengumumkan, bagi peserta yang tidak dapat juara tetap dapat hadiah. “Ini festival Oklik tentu ada yang dapat juara dan enggak. Tapi bagi yang tidak dapat juara tetap, nggak perlu berkecil hati. Saya akan kasih hadiah bagi yang tidak dapat juara,” katanya di sambut tepuk tangan penonton waktu di depan kantor DPC Partai Demokrat

Karena menyumbangkan Rp 1 juta. Demikian diikuti Kuswiyanto, Anggota DPR RI. Namun yang menjadi harapan Didik dalam festival ini ialah pemuda bisa lebih produktif, kreatif untuk melestarikan budaya dan masyarakat dapat terhibur dengan adanya kegiatan ini. (andri yanto/red)

1584total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi