Seleksi Masuk SMA Negeri Prioritaskan NUN

Bojonegoro Post – Masa pendaftaran calon pelajar SMA Negeri dan SMK Negeri dimulai di Bojonegoro, Senin (03/07/2017). Pendaftarnya dari lulusan SMP sederajat.

Diketahui, meskipun sistem seleksi menggunakan zona tempat tinggal calon pelajar. Namun Nilai Ujian Nasional (NUN) tetap menjadi prioritas.”Ada lima zona, tapi yang utama tetap nilai NUN,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Sumiarso.

Dia membenarkan penerapan zona belum sungguh sungguh, dikarenakan NUN adalah yang terpenting untuk dapatnya calon pelajar diterima di sekolah yang dipilihnya. Dalam pendaftaran, diperbolehkan memilih dua sekolah.

Yakni dapat mendaftar dengan cara online maupun di sekolah yang dipilih. Disinggung adanya persentase untuk calon pelajar yang berasal dari luar zona maupun luar kabupaten, menurutnya akan diterima di sekolah yang dipilih tanpa persentase apabila NUN nya masuk peringkat dalam sekolah yang dipilih.

“Pengumuman diterima atau tidak diterimanya calon pelajar tanggal tujuh mendatang,” terangnya. Dia menyebut ada pengumuman yang telah disebar, yakni berbunyi untuk orang tua dan warga Jatim tanggal 3 Juli 2017 masa pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat SMA dan SMK Se Jatim.

Berdasarkan arahan dari Gubernur Jatim Pakde Karwo warta masukan dari Dewan Pendidikan Jatim, maka untuk PPDB tahun ini kembali ke petunjuk teknis (juknis) yang sudah dikeluarkan Dinas Pendidikan Jatim beberapa waktu. Sistem zonasi tetap diterapkan. Sistem seleksi berdasarkan Nilau Ujian Nasional (NUN) tanpa ada batasan Prosentase zona (bebas).

Dinas Pendididikan Jatim komitmen Penerapan Kemendikbud No 17 Tahun 2017 dilaksanakan secara bertahap dengan penundaan beberapa persyaratan. Untuk tanggal 1 dan 2 Juli akan dilaksanakan simulasi PPDB, sebelum dibuka resmi Pukul 00:00 WIB.”Pengumuman ini memang disebar oleh kepala dinas,” jelasnya. (reinno pareno/red)

364total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi