Ada Coblosan Langsung di SMKN 2

Bojonegoro Post –  Hari ini, Rabu (1/10) ada kesibukan tak biasa di SMK Negeri 2 Bojonegoro, yakni gelaran pemilihan Ketua Osis. Sebagai penyelenggara, sekolah yang berada di kawasan Jalan Pattimura itu juga telah membentuk komisioner yang diberi nama Komisi Pemilihan Osis (KPO).

Seperti halnya mekanisme Pemilu, KPO menerapkan mekanisme pemungutan suara langsung, dengan menyediakan 3 bilik suara. Menurut Waka Kesiswaan SMKN 2, Totok Sujatmiko, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pembelajaran demokrasi secara aplikatif pada para pelajar di sekolahnya.

“Sehingga para peserta didik dapat memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara,” katanya.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan sistem paket atau berpasangan untuk calon Ketua /Wakil ketuanya. “Kali ini diikuti oleh 3 pasang, yang merupakan pasangan kombinasi Kelas XI dan X. Proses penjaringan bakal calonnya telah dilakukan oleh Majelis Perwakilan Kelas sebelumnya, yakni pada saat LDKS,” tambahnya.

Untuk bisa lolos menjadi calon pasangan bakal calon menjalani serangkaian test kepemimpinan oleh pembina Osis. Hingga akhirnya terpilh 3 pasang yang kemudian ditetapkan sebagai calon. Sehari sebelum pemilu, 3 pasangan calon juga diberi kesempatan untuk melakukan kampanye akbar.

“Dalam kampanye akbar itu, disampaikan visi misi. Selabnutnya para pasangan calon juga melakukan kampanye terbatas ke kelas kelas,” pungkasnya. (cakrawala juang/red)

183total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro