Ini Tips Kades Kandangan Mencegah Kelangkaan Pupuk

Bojonegoropost – Mempunyai lahan pertanian seluas 170 hektar, membuat Desa Kandangan Kecamatan Trucuk termasuk salah satu desa yang selalu mempunyai masalah saat musim tanam tiba, yakni masalah ketersediaan pupuk.

“Kemarin sempat terjadi kelangkaan, lalu saya minta semuanya kumpul untuk mencari solusi,” kata Tamban (16/11), selaku Kepala Desa (Kades) Kandangan.

Menurutnya, ada sejumlah praktik yang menjadi penyebab kelangkaan pupuk di desanya. “Yang paling laten adalah masih terjadinya pembelian pupuk di kios dari desa lain, itu berakibat pada berkurangnya ketersediaan pupuk di desa kami,” jelasnya.

Setelah mengumpulkan seluruh elemen yang berkepentingan, Tamban akhirnya berhasil membuat desanya mendapat tambahan pupuk sebanyak 37 ton pada musim tanam terakhir tahun ini. “Alhamdulillah kemarin dapat tambahan, kami cukup lega,” tambahnya.

Selain jalur musyawarah, ia mengaku juga telah meminta agar masyarakat Desa Kandangan ikut aktif dalam pengawasan pendistribusian pupuk di desanya. Salah satunya adalah dengan bertindak langsung ketika melihat ada pembeli dari desa lain.

“Karena aturannya jelas dan dapat mengancam ketersediaan pupuk, maka saya memberi instruksi untuk mencegah pembelian pupuk oleh desa lain. Kemarin warga sempat menghentikan sebuah mobil berisi pupuk sekitar satu ton yang hendak dibawa keluar desa,” tambahnya.

Sebaliknya, agar petani di desanya tak melakukan praktik serupa, pihaknya telah membuat kesepakatan dengan kios-kios agar menjual pupuk sesuai HET. “Kalau ketersediaan pupuknya aman dan harganya tak lebih mahal dari desa lain, insya Allah petani Desa Kandangan tak akan lagi mencari-cari di desa lain,” pungkasnya. (ramon pareno/red)

195total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro