Lewat Puisi, Kang Yoto Ajak Berbuat Jujur

Bojonegoropost – Bupati Suyoto yang akrab dipanggil Kang Yoto, menuliskan puisi berjudul jujur melalui pesan di akun twiter. “Puisi Kang Yoto sangat mendalam, penuh kerangka pengalaman, karena kehidupan Kang Yoto di masa kecilnya yang kurang sejahtera itu sampai menjadi kanjeng bupati yang dihormati masyarakatnya hingga di massa pergantian di Pilkada mendatang, Juli 2018,” kata Slamet Arifin, wartawan kelahiran Bojonegoro, Sabtu (18/11).

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban ini mengatakan ungkapan dari puisi Kang Yoto. Apabila didalami, justru mengingatkan Kang Yoto adalah sosok pimpinan yang pekerja keras.

“Gak selalu mangkring di kursi empuk ruang kerjanya, Kang Yoto terus bergerak ke pelosok dusun membangun Bojonegoro, terutama untuk kemaslahatan kabupaten yang dicintainya. Seringkali kalau saya ketemu, Kang Yoto selalu menegaskan, SDM Bojonegoro sangatlah ampuh, disiplin, santun dan agamis,” katanya.

Aryo Djohar, mantan wartawan radio yang saat ini bergabung dengan Mercy Corps menambahkan puisi Kang Yoto yang dibacanya, hampir semuanya tidak ada yang berisi keluhan dalam menjalankan pengabdiannya, tidak ada yang berisi kekecewaan dan dendam.“Kang Yoto semangatnya perlu diteladani dan semoga Kang Yoto selalu diberi kesehatan untuk tetap bersama masyarakat membangun Bojonegoro ini,” katanya.

Puisi berjudul jujur yang ditulis Kang Yoto itu, seperti dibawah ini, bila ingin dipercaya jujurlah selalu. Orang lain mengenal kita dari kata kata, perbuatan dan cerita tentang diri kita. Saat mendengar tentang kita orang lain berhak percaya atau tidak percaya. Kejujuranlah yang membantu orang lain mengenal dan mempercai kita lebih cepat dan awet.

Kejujuranlah yang membuat jarak antara niat, kata dan perbuatan kita menyatu dengan persepsi dan perlakuan orang lain terhadap kita. Kejujuranlah yang menjaga kita terus berusaha lebih baik. Ada yang bilang jujur ajur (hancur). Yang benar jujur mujur (membawa keberuntungan). Sebab, kepercayaan terjaga.

Peluang terus berkembang datang silih berganti. Hanya dengan kejujuran terhadap diri sendiri, keadaan, lingkungan dan masa depan maka kita dapat menentukan kembali titik yang tepat untuk memulai memperlakukan, dan menentukan arah. Satu lagi, bila mampu selalu jujur hidup akan bahagia, segala kekhawatiran akan pergi, keluh kesah menjauh dan wajah akan berseri seri.

Ada yang bilang jujur itu sulit. Benar, terutama bila kita pernah berbohong, bila kita takut kehilangan, bila kita tidak lagi sanggup menjalakannya. Salam Kang Yoto, demikian puisi yang ditulis bupati dua periode ini.

”Dia memang bupati yang santun dan demokratis, sehingga puisi-puisinya lugas dan mudah dipahami, kata kata puisinya juga bahasa sehari hari. Tapi sangat bermanfaat untuk sesama,” kata mantan Pimpinan Redaksi Harian Surabaya Post Ronny Mustamu. (redaksi)

99total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro