Situs Geologi Banyukuning, Belum Terkelola

Bojonegoropost – Salah satu titik yang termasuk dalam kawasan situs geologi hamparan minyak di Bojonegoro adalah Banyukuning yang ada di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang. Sebuah lokasi di lintasan sungai kecil tak jauh dari jalur alternatif menuju kabupaten tetangga.

Banyukuning adalah sebutan bagi sumber mata air yang disebut-sebut mengandung proses pemanasan bumi (geo thermal). Dua titik sumber air yang telah dipasangi pipa itu, bagi warga setempat seringkali dimanfaatkan sebagai tempat membasuh diri setelah berladang di hutan.

“Karena airnya hangat dan kaya mineral, maka gatal-gatal akan hilang,” ujar Anom, warga setempat.

Sejak setahun terakhir, Banyukining sedang diupayakan sebagai salah satu destinasi wisata desa. Pihak pemerintah desa setempat mulai memberi fasilitas umum berupa toilet umum.

“Sayangnya masih belum memadai, selain belum ada pintunya juga belum dialiri air,” kata Santoso, wisatawan lokal yang mengaku ke lokasi beberapa kali.

Tempat yang belum terkelola itu, kini sudah tampak sedikit rapi dibanding sebelumnya. Meski belum dilengkapi dengan tempat parkir, papan nama yang dipasang di tepi jalan umum cukup mencolok sebagai penunjuk arah.

Pengunjung harus berjalan sekitar 50 meter ke arah dalam, tak ada penjaga atau penunjuk jalan lain. Saat menjumpai lapangan yang cukup sebagai lokasi perkemahan, barulah terlihat lokasi Banyukuning.

Dua gerojokan dengan alas batu alami yang berwarna kuning keemasan menjadi ciri khas lokasi tersebut. Tak terlalu luas, kecuali bila pengunjung berani menyusuri sungai yang mengalirkan air dari pancuran terebut.

Airnya sangat jernih, uniknya titik hangat hanya berada saat air belum menyentuh bebatuan yang diselimuti lumut berwarna kuning. Saat air telah jatuh, langsung terasa dingin dan segar.

Banyukuning sendiri telah diteliti oleh pakar geologi dan rencananya kawasan ini akan dijadikan lokasi geo wisata sebagai rangkaian Geopark Bojonegoro. (ramon pareno/red)

215total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro