DAK Pendidikan Tahap II, Rp 25 M Diberi Tanda Bintang

Bojonegoropost – Pemkab Bojonegoro memberikan tanda bintang untuk seluruh desa dalam besaran pagu DAK Pendidikan APBD Perubahan tahun 2017 lalu. Tanda bintang merupakan pos yang dapat berubah bila memang dibutuhkan.

Dari total pagu yang dapat dicairkan, yakni sebesar Rp 27 Miliar lebih, Pemkab memberikan tanda bintang dengan total nilai Rp 25 Miliar. Total DAK Pendidikan di Kabupaten Bojonegoro sendiri mengalami kenaikan dari pagu anggaran sebelumnya.

Yakni dari Rp 46 Miliar lebih menjadi Rp 72 Miliar lebih. Dari total Rp 72 Miliar itu, sebanyak hampir Rp 45 Miliar disebutkan telah direalisasikan pada tahap I.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Ibnu Soeyoeti mengatakan bahwa pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Tahap II 2017 masih menunggu pengajuan dari Kepala Desa.

“Tertanggal 7 Desember 2017 kemarin, kami telah memberitahu para Camat agar diteruskan kepada para kepala desa untuk segera mengajukan penyerapan dan pencairan kepada siswa siswi,” kata Ibnu saat dikonfirmasi bojonegoropost.com (16/12) melalui selulernya.

Ia menambahkan, batas akhir pengajuan penyerapan dan pencairan DAK tahap II itu adalah pada 20 Desember 2017 nanti.

Ibnu menyebutkan, secara keseluruhan pagu DAK Tahap II 2017 yang dapat dicairkan berjumlah Rp 27,9 Miliar. “Dari total itu, jumlahnya bervariasi, contohnya Kecamatan Kanor yang bisa dicairkan Rp 1,4 Miliar,” ujarnya.

Khusus untuk Kecamatan Kanor, menurut Subiyono, selaku Camat Kanor, 25 desa di Kecamatan Kanor sudah mengajukan penyerapan dan pencairan. “Per 6 Desember 2017, komplit semua desa sudah mengajukan,” kata Subiyono. (andri yanto/red)

189total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro