Pasokan Cabe dan Kacang Tanah Masih Lancar

Bojonegoropost – Dinas Perdagangan Bojonegoro memprediksikan bahwa pada tutup tahunini bakal ada kenaikan harga kebutuhan di pasar. “Memang untuk komoditi yang masih dipasok dari luar dimungkinkan bakal mengalami kenaikan harganya. Apalagi ini jelang Natal dan Tahun Baru nanti,” kata Basuki (20/12), Kepala Dinas Perdagangan.

Namun menurutnya, kenaikan yang terjadi tidak akan terlalu besar. “Misalnya hari ini harga kacang tanah di wilayah kota sesuai pantauan Rp 23 ribu per kilogramnya, sedangkan harga cabe masih cenderung stabil,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan panatauan bojonegoropost di sejumlah pasar, justru diperoleh keterangan bahwa khusus untuk harga cabe, sejak bulan Nopember lalu telah mulai merangkak naik.

“Harga cabe sudah naik sejak bulan kemarin dan ini masih naik,” kata Warsini salah satu pedagang sayur di Pasar Kota Bojonegoro.

Menurutnya, harga cabe rawit saat ini mencapai Rp 23ribu, atau naik dibanding harga sebelumnya yang hanya Rp 17 ribu per Kilogramnya. “Kalau pasokannya masih lancar-lancar saja,” tambahnya.

Sedangkan untuk kacang tanah, menurut Yusuf yang memperoleh pasokan dari wilayah Kecamatan Bubulan, Dander, Trucuk, dan Ngasem, memamg diakui belum ada kenaikan. “Setiap bulan biasanya terjual 15 karung Kacang Tanah dan satu karungnya 50 kilogram,” tambahnya.

Sebelumnya Dinas Perdagangan menyebutkan bahwa kacang tanah adalah komoditi yang bergantung dari pasokan dareah lain. “Produksi cabe 40 ton, tapi kacang tanah tidak ada, pasokannya dari luar daerah,” kata Refi Puspitasari, Kasi Ketersedian Pangan beberapa saat lalu. (andri yanto/red)

377total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi