Press "Enter" to skip to content

KPA Beberkan Penyebab IRT Dominasi Data Pengidap HIV AIDS

Bojonegoropost – Sekretaris (bukan ketua seperti dalam berita sebelumnya-red) Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Bojonegoro, Johny Nur Hariyanto mengatakan penyebab dominasi Ibu Rumah Tangga (IRT) dalam data pengidap HIV/AIDS adalah dipengaruhi oleh beberapa hal.

“Ibu rumah tangga sebetulnya tidak tahu apa-apa karena suami kerja di luar kota dan sering jajan,” katanya (22/12).

Lalu, IRT yang terdeteksi mengidap penyakit itu, menurutnya hampir semuanya adalah IRT yang mempunyai sejarah gaya hidup, kurang benar. “Salah satunya adalah mereka mantan PSK,” tambahnya.

Selain itu ada temuan lain saat berobat di Rumah Sakit atau Puskesmas, sebagian PSK menyebut dirinya sebagai Ibu rumah tangga. “Makanya PSK sedikit saat didata,” terangnya.

Johny berpesan kepada masyarakat tentang penyakit HIV/AIDS agar tidak ditakuti, melainkan untuk dicegah dan dihindari dengan cara pola hidup sehat.

“Bagi warga yang pernah hubungan sex berisiko hendaknya segera tes HIV dan yang sudah mengidap, agar rajin minum ATV (Anti Retro Viral/obat HIV-red) agar dapat menekan virusnya hingga zero,” jelasnya.

Karena HIV menuju AIDS butuh waktu lama, antara 5 sampai 10 tahun. “Kalau diketahui lebih awal. Insyaa Allah orang tersebut tidak sampai menderita atau terkena AIDS,” imbuhnya. (andri yanto/red)

838total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi