Kali Besuki Rusak, Ancam Pemukiman Warga

Bojonegoropost – Pemukiman warga di RT 14 RW 02 Dusun Kedung Desa Kedungbondo Kecamatan Balen Bojonegoro, terancam longsor. Dikarenakan terjadinya longsor tebing Kali Besuki yang jaraknya dengan pemukiman warga antara 10 hingga 20 meter.

Diketahui longsornya tebing, bakal merembet ke tanah yang didiami warga. Pengakuan warga setempat, Jumat (29/12) longsornya tebing terus bergeser cukup lebar. Kondisi makin parah apabila terjadi aliran air deras di kali.”Ya dua pekan lalu hujan deras. Air kali deras akibatkan retakan tanah semakin melebar,” kata Fadli, warga di sana.

Menurutnya selain rumahnya, ada 6 rumah lainnya yang dekat dengan tebing kali. Diantaranya milik Kayin, Rohmad, Subki dan Ngaesah.”Saya dan warga di sini sangat gelisah, dengan terjadinya longsor tebing kali ini,” tambahnya.

Untuk mencapai Dusun Kedung, berada di paling utara Desa Kedungbondo. Dari keterangan warga lainnya longsor tanah tebing kali telah terjadi, setelah terus dilanda hujan. Semula tanah hanya berupa retakan. Namun, sejak hujan melanda beberapa waktu lalu, lomgsornya tanah tebing kali tersebut melebar dan memanjang.

Dengan kondisi tersebut, BPBD Bojonegoro langsung memantau dan mengimbau warga yang terkena dampak, berhati hati. Meskipun saat ini beberapa rumah belum dalam kondisi mengkhawatirkan.”BPBD akan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait,” terang Budi dari BPBD Bojonegoro. (raysa ayu/red)

241total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro