Press "Enter" to skip to content

Kali Besuki Rusak, BPBD Sebut Akibat Tembok Cor

Bojonegoropost – Tebing Kali Besuki mengalami kerusakan parah, yakni tanah di dua sisinya longsor sepanjang kurang lebih 50 meter dengan lebar antara 5 meter sampai dengan 8 meter. Pantauan portal berita ini, Jumat (29/12) tepatnya kali itu membentang selatan ke utara atau hanya berjarak 300 meter dari Sungai Bengawan Solo.

Sisi barat tebing ikut Desa Pilanggede dan timurnya ikut Desa Kedungbondo, kedua desa di Kecamatan Balen. Saat BPBD Bojonegoro mengecek di sana, Kamis (28/12) sore, hasil pengecekan BPBD menyebutkan kerusakan tebing diakibatkan adanya pemasangan tembok cor (dibendung:Red) di tengah kali.

Tembok cor yang membujur timur barat itu dipasang untuk menahan air kali yang mengalir dari selatan ke utara. Tujuannya air didiesel dialirkan ke areal pertanian di kedua desa setempat.”Tembok cor atau bisa disebut kali ditanggul ini sangat bahaya dan bisa semakin merusak tebing, karena tidak difasilitasi pintu air,” kata Budi dari BPBD Bojonegoro.

Dari kondisi yang terjadi, pemasangan tembok cor itu dipastikan tidak ada progres dan tidak ada manfaat. Sehingga pemasangan tembok cor malah merusak tebing kali. Bahkan dari pemasangan tembok cor itu acuan teknisnya tidak ada dan terkesan amburadul.”Mestinya tepinya juga dikasih pasangan biar kuat,” jelasnya. (raysa ayu/red)

358total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi