Press "Enter" to skip to content

Kali Besuki Rusak, Pembendung Harus Tanggung Jawab

Bojonegoropost – Bendungan Kali Besuki berupa tembok cor tanpa pintu air dan tanpa penguat pada dua sisi tebingnya, yang menyebabkan longsor parah. Ternyata dibangun pihak swasta dari pemilik areal pengairan sawah di Desa Kedungbondo dan Pilangede Kecamatan Balen.

Keterangan yang dihimpun dari lokasi, Sabtu (30/12) menyebutkan pemilik areal itu bernama Haji Aksin. Dikonfirmasi terpisah Kepala Desa Kedungbondo Ridwan membenarkan bangunan tembok cor yang berfungsi untuk membendung aliran air kali itu dibangun Haji Aksin, sehingga harus tanggungjawab atas terjadinya longsor.

“Saya melihat penembokan tidak menggunakan tehnik bangunan dan dikerjakan seadanya,” katanya.

Sehingga saat hujan deras, membuat aliran kali mengalir deras dan air menghantam terus menerus ujung bangunan tembok cor yang hanya berupa tebing tanah. Sehingga tanah ambrol diterjang air.

Kemudian tebing kali mengalami longsor. Kepala Desa mengaku tidak diajak musyawarah terkait pembangunan bendung tembok cor oleh pemilik areal.”Saya tahunya longsor lima belas hari lalu dan longsor itu akibat adanya bendungan dibangun tanpa pintu air dan tanpa penguat bronjongan di tebing kalinya,” terangnya.

Dia kemudian meminta kepada pemilik areal untuk memulihkan tebing kali yang longsor. Menurutnya apabila tidak ada pemulihan, longsornya tebing mengancam rumah milik 7 kepala keluarga yang lokasinya berdekatan dengan lokasi longsor.

Dikonfirmasi Haji Aksin selaku pemilik areal melalui telepon selulernya tidak diangkat. Terpisah Sekcam Balen Hendri mengatakan pihaknya belum memanggil pemilik areal maupun pemdes.”Tapi kami sarankan kepada kedua belah pihak untuk menyelesaikan persoalan bangunan bendungan ditingkat desa terlebih dahulu,” katanya. (raysa ayu/red)

1172total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi