Press "Enter" to skip to content

Kampung Samin, Warganya Guyub Sambut 2018

Bojonegoropost – Di Kampung Wong Samin Dusun Jipang Desa/Kecamatan Margomulyo, yakni di dekat rumah milik Mbah Harjo Kardi. Sejumlah warga, Senin (1/1) dinihari beranjak pulang ke rumah masing masing, setelah semalaman sebelumnya datang dalam acara kumpul warga dan doa kepada Allah untuk mensejahterakan dan menyelamatkan bangsa dari benih perpecahan, khususnya kejayaan Kabupaten Bojonegoro.

Ada panggung dqn sound system. Acara diikuti sekitar 200 an warga, yang sesepuhnya dulu melawan penjajahan Belanda menggunakan ilmu Sedulur Sikep yang diambil dari Kitab Serat Jamus Kalimasada. Menuju kampung yang dikenal warganya berbudaya luhur yang menjunjung tinggi kejujuran dan hukum adat, dari Jalan Utama Bojonegoro – Ngawi masuk ke arah barat sekitar 4 Km.

“Tadi acaranya sambut tahun baru dan penyelenggaranya karang taruna dan diakhir acara ada hiburan campursari,” kata Kepala Desa Margomulyo Nuryanto.

Muspika yang mendampingi kepala desa, menyebutkan acara sambut tahun baru, berjalan lancar dan warga guyub hingga acara selesai.

Sedangkan untuk masuk dusun Wong Samin, melintasi jalan yang kiri kanan jalan, persawahan dan tumbuh rindang pepohonan yang dikelola oleh Perhutani Ngawi. Berdekatan dengan wilayah hutan yang jalannya naik turun, berjajar rumah warga berciri khas jawa dengan masih ada rumah warga yang bangunannya full kayu.

Mulai dari sekolahan tingkat SD, Balai Budaya Samin, Tandon Air, Warung Kopi, Toko Perancangan, Masjid Al Huda dan tiang listrik PLN.

Di deretan tengah, berdiri rumah yang memiliki halaman luas, disana terparkir puluhan sepeda motor yang mendatangi undangan acara.

Itu rumah Mbah Harjo Kardi, yang paling disepuhkan oleh warga di Kampung Wong Samin. Di rumah itu biasanya warga dari kalangan laki laki muda hingga dewasa jagongan. Keterangan dari tamu yang mengunjungi dusun tersebut, selalu mengatakan warga Wong Samin itu ramah dan santun dalam bersikap.

Catatan portal berita ini, Wong Samin hidup terpencil, di pinggiran hutan. Untuk angka kriminalitas dititik 0 persen, bahkan pertengkaran di tingkat rumah tangga juga tidak pernah terjadi sekalipun. Warga hidup secara damai dan rukun. Secara administratif desa. Wong Samin bertempat tinggal di RT 01 dan RT 02, keduanya masuk RW 5.

Disana ada sekitar 82 KK (Kepala Keluarga). Sebagian besar bercocok tanam padi dengan menyesuaikan musim tanam yang dianjurkan pemerintah. Banyak juga, anak muda disana keluar mencari kerja setelah menyelesaikan sekolah SMU, dengan tujuan Surabaya maupun Jakarta. Bahkan yang melanjutkan ke perguruan tinggi juga tidak sedikit. (raysa ayu/red)

600total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi