Jamur Barat, Saat Ini Sedang Musim-musimnya

Bojonegoropost – Bagi masyarakat Bojonegoro, Jamur Barat merupakan salah satu jenis bahan kuliner yang termasuk ditunggu-tunggu. Jamur yang hanya tumbuh sekali setahun ini menjadi buruan, baik itu oleh para petani ataupun pecinta kuliner.

“Saat ini jamur barat sedang banyak,” kata Mujianto (04/01) warga Desa Pajeng, Kecamatan Gondang. Menurutnya, musim tumbuhnya tanaman ini termasuk salah satu momen yang paling ditunggu, termasuk di wilayah hutan yang ada di selatan Bojonegoro.

Jamur Barat tumbuh dipermukaan tanah, biasanya para petani ataupun warga setempat sengaja mencari keberadaan jamur itu. Baik untuk dikonsumsi sendiri, sebagai bahan suguhan ataupun dijual mentah dan matang.

“Disini harganya lumayan, satu bungkus daun jati paling murah Rp 10 ribu,” tambahnya. Bungkus daun jati menjadi kekhasan lainnya, dalam satu bungkus kecil yang seharga Rp 10 ribui itu hanya berisi 10 batang jamur mentah.

Disebut jamur barat karena memang tanaman ini hanya tumbuh di musim hujan yang berangin. “Barat kalau bahasa lokal sini artinya angin,” kata Agus Mulyadi, warga Desa Pragelan Kecamatan Gondang.

Kelangkaan lainnya adalah usia pertumbuhan jamur yang bentuknya seperti payung terbuka ini. Jamur Barat hanya mempunyai usia sehari, maka tak heran bila ada anggapan bahwa perolehan tanaman ini dianggap sebagai berkah tersendiri.

“Kadang di lokasi yang sama, kita tidak menemukan. Tapi tiba-tiba orang lainmenemukan di lokasi itu beberapa saat kemudian,” tambahnya.

Untuk olahan yang sering disajikan, biasanya warga setempat menumisnya. Tumis yang dipadu dengan tanaman ‘langka‘ lainnya, diantaranya adalah sulur pakis hutan. “Kalau di warung, biasanya dibikin sayur lodeh,” tambahnya.

Bagi pecinta kuliner, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu berburu tanaman langka ini. Wilayah Kecamatan Gondang dan Temayang adalah salah lokasi yang menjadi tempat tumbuhnya Jamur Barat. (rayan rabani/red)

94total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro