Coklit Data Pemilih Hingga Februari

Bojonegoropost – Sebagai salah satu tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak, saat ini pihak Komisi Pemilihan Umun (KPU) tengah menggelar Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih. “Coklit berlangsung hingga 18 Februari mendatang,” jelas Kundhlori (24/01), komisioner KPU Bojonegoro.

Menurutnya, data awal yang digunakan dalam tahapan itu adalah berdasarkan data pemilih dari penyelenggaraan Pemilu sebelumnya. Pelaksanaan Coklit itu sendiri menggunakan mekanisme door to door, yakni petugas mendatangi langsung alamat pemilik hak suara.

“Dengan turun langsung ke rumah-rumah warga, tentu akan diperoleh data yang akurat,” tambahnya.

Ia menegaskan, meskipun sebelumnya pihak KPU telah memiliki data pemilih, namun dipastikan data pemilih di Kabupaten Bojonegoro mengalami dinamika. Diantaranya adalah kepindahan, kematian dan masyarakat yang baru memiliki hak suara namun belum terdata sebelumnya.

“Datanya akan dinamis, bisa berkurang atau sebaliknya, selain dari data pemilih sebelumnya, kami juga memadukan aplikasi Sidalih dari KPU Pusat,” tambahnya.

Sebelumnya, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 di Kabupaten Bojonegoro adalah sejumlah 1.041.529 pemilih. (ramon pareno/red)

120total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro