Pohon Jati Raksasa Tumbang

Bojonegoropost – Pohon jati besar yang berusia 161 tahun roboh tersapu angin kencang, Selasa (20/02). Lokasinya di hutan Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Padangan. Tepatnya di Petak 84c kelas hutan tanaman Khusus RPH Kaliaren BKPH Kaliaren Barat masuk Desa/Kecamatan Tambakrejo Bojonegoro.

“Yang roboh berupa satu pohon jati yang ditanam Belanda di tahun 1857, tingginya 30 meter dengan lilitan pohon 395 centimeter,” kata Adminiatur Perhutani Padangan Mustopo.

Menurutnya, pohon jati besar itu roboh akibat kencangnya tiupan angin, terlebih beberapa hari sebelumnya kawasan itu selalu diguyur hujan lebat yang membuat struktur tanah menjadi kritis. Saat ini telah dilakukan upaya sementara, yakni berupa pengamanan di lokasi kejadian.

Tindakan itu melibatkan tim Perhutani KPH Padangan, UPT Perencanaan Hutan Wilayah (PHW) Bojonegoro, UPT PHW Nganjuk untuk bersama sama melaksanakan cek lapangan dan pembuatan Berita Acara Perkara (BAP) guna pendukung pengusulan tehnis.

“Untuk cabang pohonnya dimungkinkan dipotongi dan batang pohonnya dibiarkan di lokasi dengan penjagaan ekstra. Dikarenakan keberadaan lokasi sekitar dua kilometer dari pos penjagaan. Sehingga pertimbangan keamanan, cabang kayu dihimpun guna kami amankan dikirim ke TPK Watujago,” terangnya. (raysa ayu/red)

467total visits,0visits today

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi