Press "Enter" to skip to content

Perhutani Padangan Gelar Serasehan Gerakan Koperasi

Bojonegoropost – Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Padangan, Rabu (28/02) menggelar serasehan pentingnya gerakan koperasi. Acara itu digelar bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Bojonegoro.

Acara bertempat di Kantor Asper Kaliaren Timur Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo Bojonegoro. Dihadiri 36 LMDH dan 23 Koperasi masyarakat Desa Hutan (KMDH) kurang lebih 140 undangan yang hadir mengikuti acara tersebut. Serasehan digelar dalam rangka penguatan kelembagaan dan rencana pembentukan koperasi sebanyak 13 KMDH dari LMDH yang belum berkoperasi.

Turut hadir jajaran Mapolsek Tambakrejo, perangkat Desa Malingmati, tokoh masyarakat, LMDH yang masing – masing menyertakan ketua, bendahara dan sekretaris, Kepala Dinas Koperasi Bojonegoro, Ketua Koperasi Primkokar KPH Padangan.

Administratur KPH Padangan, Mustopo mengatakan sejak tahun 2003 sampai sekarang Perhutani KPH Padangan telah membina 36 LMDH. 23 diantaranya sudah mendirkan koperasi dan telah berbadan hukum koperasi dan sisanya yaitu 13 LMDH diharapkan dapat segera membentuk koperasi yang akan dibantu prosesnya oleh Dinas Koperasi Bojonegoro.

“Pembentukan Koperasi dalam sejarah, pada tahun1932 Bung Hatta menyatakan kekuatan ekonomi rakyat harus diwadahi lembaga yang berbadan hukum yaitu koperasi karena pilar negara,” katanya.

Mustopo melanjutkan, keuntungan menjadi anggota koperasi yang berbadan usaha hukum salah satunya mendapat pelatihan – pelatihan yang bersifat ekonomi kerakyatan.

Kepala Dinas Koperasi Bojonegoro Elza Deba Agustina menjelaskan bahwa setiap KMDH akan mendapat kesempatan pelatihan, yaitu kewirausahaan, administrasi dan perkoperasian. Untuk anggota KMDH peñting untuk mengikuti karena dilaksanakan secara gratis.

Menurutnya, koperasi LMDH nantinya diharapkan dapat melakukan kerjasama dengan perhutani di bidang pengelolaan wisata, pemanfaatan lahan untuk kegiatan pertanian.”Termasuk penyediaan saprodi pertanian pemasaran produk pertanian,” katanya.

Diharapkannya, KMDH akan lebih banyak mempunyai banyak usaha untuk kegiatan usaha. Hal itu tentunya akan selaras dengan tujuan KMDH, yaitu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berbasis ekonomi kerakyatan. (raysa ayu/red)

1570total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi