Press "Enter" to skip to content

Bojonegoro Siaga Kuning Banjir Bengawan Solo

Bojonegoropost – Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, pada hari ini (13/03) terdapat peningkatan Tinggi Muka iar (TMA) sungai Bengawan Solo yang cukup signifikan.

Dari papan duga yang ada di Taman Bengawan Solo (TBS) yakni aliran air sungai yang melintas di wilayah perkotaan, TMA pada pukul 09:00 pagi tadi telah menyentuh level siaga 2 bencana banjir, yakni 14,19 meter atau meningkat 20 cm dari pantauan sebelumnya.

Kecepatan peningkatan debit air juga terjadi di wilayah Kecamatan Ngraho, yakni di papan duga Karangnongko. Pada jam yang sama, status sungai Bengawan Solo telah dinyatakan siaga 1, yakni 29 meter. Padahal, kondisi normal di Karangnongko adalah pada level 26 meter.

Peningkatan TMA juga terjadi di kawasan Kecamatan Cepu, Kabupaten Bojonegoro, yakni dinyatakan siaga hijau pada pukul 6 pagi tadi.

Sebagai perbandingan, pada saat puncak banjir Bojoegoro pada tahun 2007 lalu, data TMA Bengawan Solo di Karangnongko adalah pada 29.65 (26/12/2007) dan 31 meter (27/12/1007).

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo meminta agar masyarakat, khususnya di wilayah yang selalu terdampak luapan sungai Bengawan Solo, melakukan kesiapan menghadapi bencana banjir. (ramon pareno/red)

397total visits,0visits today

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open


Hotline red.bojonegoropost@gmail.com
Redaksi Perum Citra Permata Rajekwesi AA No 4, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi