Mas Wawan: Panen Gak Panen, Petani Tetep Kudu Panen

Bojonegoropost – “Panen gak panen, petani kudu tetep panen,” kata Budi Irawanto (01/04) dihadapan ratusan perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se Bojonegoro. Pria yang akrab dipanggil Mas Wawan itu, menggaris bawahi mengenai program Kartu Petani Mandiri yang menjadi unggulannya itu.

Ia menggambarkan, saat ini Kabupaten Bojonegoro merupakan kota terkaya kedua setelah Surabaya di Jawa Timur. “Bayangkan, Bojonegoro yang kaya ini, angka kemiskininannya masih sangat tinggi,” tambah pria yang maju menjadi Bacawabup mendampingi Anna Muawanah itu.

Melihat kondisi itu, ia meyakinkan bahwa program KPM Plus yang ditawarkan bukanlah hal yang mustahil. “Kami sudah menghitung dengan data, Bojonegoro mampu kok,” tambahnya.

Sebelumnya, di lokasi yang sama, Anna Muawanah menjelaskan skema dari programnya itu. “KPM Plus itu Bansos, tak perlu dikembalikan. Kita sudah menghitungnya,” kata Cabup dari Paslon no urut 3 itu.

Dalam program KPM Plus itu, beberapa diantaranya adalah mengenai jaminan bagi para petani saat lahannya mengalami gagal panen. “Pusat sudah menyiapkan, tapi di tingkat kabupaten kepesertaannya minim. Ke depan, untuk biaya yang harus dibayar petani akan ditanggung Pemkab. Itungannya adalah 78ribu hektar dikali 36ribu rupiah, itu angka yang kecil bagi Bojonegoro. Sehingga seluruh lahan pertanian di Bojonegoro akan tercover,” tambahnya.

Guna menunjukkan keseriusannya, pasangan Anna Wawan terus bergerak untuk programnya itu. “Hari ini simbolis tanda peluncuran KPM Plus di Desa Mojoranu Dander. Dan para Gapoktan juga telah mendeklarasikan dukungannya,” tambahnya.

Ditanya mengenai program kerja awalnya bila terpilih, Anna mengatakan akan langsung membuat payung hukum untuk KPM Plus dan melakukan pendataan. “Intinya, saat mengalami gagal panen, dengan premi yang dibayarkan Pemkab, maka para petani akan mendapat ganti senilai hasil panen. Doakan dan dukung ya,” pungkasnya. (ramon pareno/red)

502total visits,0visits today

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply

© 2016 Bojonegoro Post. All Rights Reserved. Design by ThemeVina
Open


Hotline redaksibojonegoropost@gmail.com
Redaksi Jl. MH THamrin, Tegal Luwung No 17, Bojonegoro

error: Maaf, halaman dilindungi