Milenial Bojonegoro Bakal Diberi Bekal Tambahan

Generasi muda atau kini dikenal dengan sebutan milenial, yang ada di Bojonegoro, bakal mendapat tambahan bekal untuk masa depannya. Hal itu dikatakan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah saat menggelar pertemuan dengan Dirjen Aplikasi Teknologi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, di ruang Angling Dharma (26/02).

“InsyaAllah bulan Maret akan melaksanakan bimbingan beberapa kelas, yaitu kelas TOT untuk gurunya, dan kelas start up untuk para millenial,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, program bimbingan itu bakal dilaksanakan Pemkab Bojonegoro yang bekerjasama dengan Amazon, utamanya di layanan Web Service.

Amazon Web Services (AWS) sendiri adalah platform cloud yang bertaraf internasional, terutama di bidang data dan layanan startup.

“Pemkab telah melakukan pemetaan, yang itu semua dilakukan guna mendorong akses ekonomi, pendidikan, termasuk akses kebudayaan yang ada di Bojonegoro,” tambahnya.

Masih menurut Anna, di masa sekarang dan ke depan, masyarakat bersama pemerintah mau tidak mau harus mengikuti hal-hal yang berbasis data elektronik.

“Mau tidak mau, siap atau tidak siap yang namanya sistem pemerintah yang berbasis elektronik harus tetap kita dorong dan persiapkan,” tegasnya.

Dijelaskan, selain sarana dan prasarana, sumber daya manusia (SDM) sebagai operator yang menjalankannya harus disiapkan juga.

“Kalau sarana dan prasarana saja yang kita siapkan sedangkan SDMnya tidak siap, termasuk masyarakatnya juga tidak membuka diri dengan kebijakan itu maka yang menjadi cita-cita bersama, tidak mencapai angka maksimal,” ujarnya.

Menurut Bupati Anna, tiga komponen yaitu sarana dan prasarana, Masyarakat, serta SDM harus menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Sebagai gambaran, pengguna internet di Indonesia mencapai 65 % dan bisa dikatakan masyarakat Indonesia sudah memperluas realitasnya masuk dalam ruang digital. (Bpost)

Leave a comment

* - Required fields